Saturday, January 16, 2010

SUATU MALAM DI DUNIA MAYA


Suatu malam, seorang cross upline mengomentari isi blog oriflame ku, ‘Al, blog kamu keren banget, tapi isinya tuh ga bernyawa deh….’

Dug!!!!
Tersentak aq mendapatkan komentar jujur dan transparan ini. Benarkah?
Lalu jawabku:….?

Aq masih terdiam karena melihat Erni is typing a message di layar laptopku. Aq tunggu pecutan kalimat selanjutnya….....

“masak isinya jualan semua? Ga ada artikel motivasinya, padahal aq ini pengagum tulisanmu di blogs kamu yang lain lho!’
Aq tunggu sejenak, mungkin masih ada Erni is typing a message lagi. Berhenti sudah. My turn.

“He..he, iya mbak… aq tuh ga sempat bikin artikel motivasi sih tentang oriflame, habis ga punya, bingung mo nulis apa?” tulisku jujur, berhenti mengetik, memberinya space untuk melanjutkan.

Cross uplineku melanjutkan, ‘ya tulislah apa yang kamu senangi dari menjalankan bisnis oriflamemu, tentang kecintaanmu pada bossfamily, fun and easy in running the business, bla…bla…, banyak bahan di milis yang tinggal kamu ubah dan tulis ulang dengan gaya bahasa kamu. Aq suka dengan gaya bahasa kamu tuh di blog2 kamu. Masak blog ori dibiarkan begitu saja, padahal ini bisnis kamu lho, murni bisnis mu sendiri, you are the boss here. Jadi kalo kamu ingin bisnis kamu maju, kamu harus komit untuk menyediakan sejenak waktu mu untuk handling bisnis ini…”

Aq sama sekali tidak marah apalagi tersinggung oleh pecutan kalimat2nya, justru membuka mataku yang selama ini santai2 aja dengan bisnis ku yang satu ini. Ga terlalu menaruh perhatian, jalan seadanya saja. Kumaju-mundurkan scroll di halaman blog oriqu, mencoba menelusuri artikel2 nya, dan benar saja, tak ada artikel yang motivated, malah ada yang tentang keluhanku tentang sulitnya menjalankan bisnis ini.
“Iya sih mbak, habis gimana, sejauh ini aq belum click tuh, belum nemu indahnya berbisnis oriflame ini, belum menemukan kemudahan2 menjalankannya, yang ada, penolakan-penolakan dari teman dan kerabat, under estimate terhadap bisnis yang aq jalankan ini, jadinya aq ya agak-agak patah semangat gitu deh’
‘lagipula mbak, bukannya ingin membela diri, aq juga sedang sibuk banget, maklum baru pindah kantor, sedang menyesuaikan diri dengan tempat, job desc dan lingkungan baru ini. Bukannya ga ingin sukses di bisnis ini mbak, tapi aq juga ga bisa mengesampingkan pekerjaan utamaku yang aq dapatkan dengan susah payah ini mbak, ga akan berani aq korbankan untuk ori, dimana zaman sekarang ini mo dapat gaji kantoran di nominal 20-an jt mba? Jadinya ya lebih konsen kesini lah, walau tetap aja, aq ingin oriflame ini menjadi kenderaanku membangun passive income for me in the future.’
‘Emang sih, aq sadari bahwa pekerjaan kantoran/apalagi project, pasti akan ada masa ending nya, makanya aq tetap berniat untuk mengelola oriflameku, plus beberapa bisnis online ku yang lain. Targetku memang bisnis online mba, soalnya aq ga punya cukup waktu untuk bisnis offline’.

Panjang sudah kalimatku, kuberi space untuk mba cross uplineku yang lugas tapi penuh perhatian itu. In remark, we have never known and met each other yet, but it proven that all the bosses and bossfamers are very supportive each other.

‘Iya sih, semua butuh waktu, perhatian dan usaha. Kerja keras adalah modal utama menggapai suatu keberhasilan. Tanpa kerja keras, mustahil bisa menggapai apa yang kita inginkan. Begitu juga dengan bisnis ini, walau keliatan easy and fun, tapi tetap perlu keuletan dan ketabahan, karena kita akan banyak sekali ditolak, seperti yang kamu, aq dan kita semua alami. Ga mudah meyakinkan orang karena kebanyakan dari mereka tuh udh terpatri oleh image MLM tuh berkesan ‘miring’. Kebanyakan mereka meng-under estimate-kan MLM. Padahal apa yang salah sih dengan MLM?’

Aq masih diam, dengan teliti menatap layar if there is an Erni is typing a message there. And yes, it is. Aq tunggu lanjutan wejangannya. Aq belum pernah kenal wanita ini, tapi sangat terbuka dalam share segala info yang dibutuhkan siapapun member of boss family tentang how to run this oriflame business. Beruntung aq berada di dalam naungan boss family.

‘Sebenarnya, sesibuk apapun seseorang, kalo memang dia punya tekad dan kemauan, pasti dia akan bisa mengatur waktunya hingga ada porsi yang bisa dia berikan untuk suatu hal tertentu. Misalnya untuk bisnis ini. Jadi yang paling utama adalah kemauan, dan tekad. Coba deh luangkan sejenak waktu kamu untuk serius mengurus oriflamemu, bisnis kamu, pasti kamu akan lihat celah cerah disana. Yakin deh. Jadi semua terpulang kembali ke dirimu lho. Misalnya, kamu ga punya waktu untuk prospek offline, ya lakukan online. Manfaatkan waktu istirahat makan siang misalnya, atau di malam hari, niatkan untuk menyisihkan satu jam atau dua jam aja untuk handling this business, gw yakin, loe pasti akan lihat progress positifnya.”

There is no more Erni is typing a message there. Means, its my turn.
‘Bener banget tuh mba, iyaaa… you are exactly rite! Aq akan coba terapkan wejangan mu mba yu…:-), serius, beneran mba, kata-kata mu membangunkan dan membuka mataku. Thx ya mba…’
Icon tersenyum dipersembahkan untukku. Plus sebuah icon acungan dua jempol.
Kubalas dengan senyum dan icon kecupan sebagai tanda terima kasih.

Dan diwaktu yang sama tadi sebenarnya aq juga sedang chat dengan seorang teman di Surabaya sambil memprospeknya. Dan ternyata, doi berminat untuk bergabung dan mulai merintis bisnis ini.

Serta merta kuberitau cross upline ku, bahwa tak diduga aq berhasil closing sembari chat dengannya tadi. Duuuuh, Alhamdulillah ya Allah.

‘See? Itu baru sebentar dirimu serius prospek kan? Coba dengan durasi yang lebih lama, ga mustahil dapat closing beberapa donline kan? So? Hayooo, rekrut yang banyak…. Bentuk team mu untuk bersama meraih kesuksesan!!!”
Sungguh indah dan penuh semangat kalimat-kalimatnya. Beginilah mungkin para bosses yang nyata-nyata telah meraup juta-juta ke rekening pribadinya setiap bulan yach? Penuh semangat dan percaya diri…
Aq harus bisa seperti itu, setidaknya untuk tahap awal, adalah semangatku yang harus aq pompa menggebu, sebagai gas awal menggapai cita-cita. Yach, aq bertekad untuk memulainya lagi dengan penuh semangat.




8 comments:

  1. kereeeeen.....
    Kalu K erni bilang, Insya Allah udah bener deh mba...tinggal kita nyaa aja yg mau mengarahkan kemana biss kita ini.

    ReplyDelete
  2. Thanks atas kunjungan dan komen-nya dear Mira....
    yup bener banget, makanya nih lagi managing my time nih, karena my current job 'saat ini' jg perlu penanganan ekstra, jadi bener2 kudu setting a good and smart schedule nih..
    keep supporting me yach...:-)

    ReplyDelete
  3. tetep SEMANGAT ya mba!! kalau kerjaan kantor bisa 20 juta, di oriflame harus bisa 100 juta ya ;)
    mampir ke blog ku ya mba http://myoriflame.weebly.com :)

    ReplyDelete
  4. wah sangat inspiratif untuk saya yang baru menjalankan bisnis yang sama Mbak.... trims ya atas reminder-nya, juga untuk K Erni :)
    silakan mampir di blog saya yang masih baru http://www.mamacanggih.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. halo, mba... alhamdulillah dikasih petunjuk untuk buka blog ini :D makasih sharing nya mba, aq juga masih berusaha bagi waktu q untuk me'rapi'kan bisnis aq ini, emang harus 'kerasa' kerjanya kalau mau dapat hasil yang 'kerasa' juga, whatever that is. semangat mba, kita sama2 kejar naik panggung :D

    ReplyDelete
  6. @ghinna, Ayu and Tessa:

    thanks banget lho udah berkunjung...iya, bener, terkadang kemauan yang keras msh saja dikalahkan oleh management waktu yang belum terkendali... perlu kerja keras untuk mewujudkan komitmen yang telah kita niatkan di hati.

    yuk... saling support dalam meraih sukses... keep in touch ya....

    ReplyDelete
  7. Great, gaya bahasa mba Al dalam menulis emang bagus, saya suka baca-baca postingannya.

    ReplyDelete
  8. Mba Erni @Orion: thanks atas kunjungan, baca-baca dan komennya lho... saya juga udah main ke blogmu lho. :-)

    ReplyDelete

sobats,

Blog ini khusus untuk para sobats pecinta oriflame, yuk liat-liat, baca-baca, dan mari persiapkan masa depan cemerlang melalui smart and fun biz ini yuuuk.........
regards,
alaika